Kegiatan Pembelajaran Awal Semester 2 pada Tahun 2025 di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sri Tanjung Pekon Sriwungu dimulai pada hari Senin, 6 Januari 2025. Kegiatan ini menjadi momen penting bagi anak-anak untuk kembali ke lingkungan belajar setelah liburan panjang, serta untuk memulai semester baru dengan semangat dan tujuan yang jelas. Sebelum memulai kegiatan pembelajaran, guru dan tenaga pendidik di PAUD Sri Tanjung Pekon telah melakukan beberapa persiapan penting, antara lain:
- Perencanaan Kurikulum: Guru menyusun rencana pembelajaran yang mengacu pada Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada pengembangan potensi anak sesuai dengan kebutuhan mereka.
- Penyusunan Modul Ajar: Modul ajar untuk kelompok bermain usia 2-3 tahun telah disiapkan, mencakup berbagai kegiatan yang dirancang untuk mendukung perkembangan anak secara holistik.
- Lingkungan Belajar: Penataan ruang kelas dilakukan agar anak-anak merasa nyaman dan aman saat belajar. Lingkungan yang menyenangkan sangat penting untuk meningkatkan motivasi belajar anak.
Pada hari pertama, kegiatan pembelajaran akan diisi dengan berbagai aktivitas yang bertujuan untuk memperkenalkan kembali anak-anak ke rutinitas sekolah. Beberapa kegiatan yang direncanakan meliputi:
- Refleksi Awal Semester: Anak-anak akan diajak untuk mengisi lembar refleksi yang membantu mereka menyadari pencapaian dan hal-hal yang ingin diperbaiki di semester ini. Ini juga dapat meningkatkan semangat belajar mereka.
- Permainan Edukatif: Kegiatan bermain yang terintegrasi dengan pembelajaran akan dilakukan untuk merangsang kreativitas dan interaksi sosial antar anak.
- Pengenalan Tema Bulanan: Setiap bulan akan ada tema tertentu yang diangkat dalam pembelajaran, seperti "Aku Sayang Bumi" dan "Imajinasiku", yang dirancang untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan dan kreativitas.
- Pengamatan Perkembangan Anak: Pendidik akan terus memantau kemajuan anak melalui alat asesmen yang disesuaikan dengan indikator capaian pembelajaran.
- Kolaborasi dengan Orang Tua: Pendidik akan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran melalui komunikasi rutin dan pertemuan untuk membahas perkembangan anak di rumah maupun di sekolah.